DESAIN JARINGAN CISCO PACKET TRACER

Spesifikasi Komputer Server
A. Processor
   Processor disarkan menggunakan processor yang memang didesain untuk keperluan server seperti XEON dari intel atau SPARC karena procesor tersebut didesain dengan memiiki dukungan lebih untuk L3 cache, ECC RAM, dan core yang lebih banyak pada processor.
B. RAM
   RAM pada komputer server disarankan menggunakan RAM ECC Memory sebab bisa menurunkan kinerja system sekitar 2%. Untuk komputer server yang membutuhkan stabilitas tinggi bagusnya menggunakan RAM dengan teknologi Error-correcting code ata ECC Memory. Karena RAM ECC Memory dilengkapi dengan fitur Register yang berfungsi untuk meningkatkan performa RAM dalam menangani transfer data skala besa pada komputer.
C. Storage atau media penyimpanan
   Storage merupakan kebutuhan yang paling penting pada sebuah komputer server. Fungsi yang paling utama dari sebuah komputer server adalah sebagai media penyimpanan data. Sehingga untuk menunjang kebutuhan tersebut diperlukan spesifikasi yang khusus dari komputer server tersebut. Misalnya jumlah slot yang banyak untuk HDD dengan fitur hot-swap untuk hdd tersebut, sehingga ketika terjadi masalah dapat terhindar dari data yang corrupt pada storage.
D. Konektivitas
   Konektivitas pada komputer server juga sangat penting karena akan terhubung dengan client(workstation) pada jaringan sehingga sebuah komputer server harus memiliki berbagai jenis koneksi.
E. Kartu Grafis
   Kartu grafis pada komputer server memang bukan komponen yang sangat penting, namun beberapa merk server tidak dilengkapi fitur integrated graphics, sehingga kita harus menyiapkan kartu grafis secara terpisah, jadi cukup menyediakan yang standard saja karena kebutuhan untuk menjalankan aplikasi grafis.
F. Power Supply
   Power Supply sebuah komputer disarankan menggunakan yang memiliki fitur hot-swap redundant power supply.
G. Coolong System
   Cooling System pada komputer server juga harus memiliki kualitas yang bagus dengan dilengkapi pendingin karena komputer server aan hidup dalam 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun.
H. Software
   Sofware pada komputer server juga harus dipilih sesuai dengan fungsi dan jenis komputer erver tersebut, software dari kopmuter ini terdiri dari sistem operasi dan aplikasi-aplikasi pendukung fungsi dari komputer server tersebut, mulai dari mengendalikan aktivitas di jaringan seperti setting jaringan, menata traffic dan bandwidth, autentikasi user, mengelola akun, menjaga keamanan data, dan lain sebagainya.

Cisco Packet Tracer
   Yaitu software simulator dari perangkat "Cisco", jadi dengan software ini, kita bisa mensimulasikan jaringan atau membuat jaringan virtual yang ingin kita bikin sebelum di implementasikan ke bentuk aslinya.

Tujuan dari Cisco sendiri membuat software ini adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan cisco.

Jadi intinya software ini hanya untuk simulasi buat belajar dulu sebelum implementnasi ke perangkat asli.

Comments