NIRKABEL

Jaringan Nirkabel merupakan Sistem Komunikasi menggunakan frekuensi/spektrum radio, yang memungkinkan transmisi (pengiriman/penerimaan) informasi (suara, data, gambar, video) tanpa koneksi fisik.
Dibedakan dari sistem transmisi yang memerlukan koneksi fisik, Cth kabel/kawat tembaga/fiber optic. Bersifat tetap (fixed) atau bergerak (mobile). Dibatasi oleh ketersediaan spektrum (pita frekuensi), karena adanya interferensi (saling mengganggu) jika digunakan Bersama.
Jaringan nirkabel ini menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radio, gelombang mikro, ataupun cahaya infra merah. Jaringan nirkabel ini sering digunakan untuk jaringan komputer baik dalam jarak dekat (beberapa meter, menggunakan perangkat bluetooth) atau jarak jauh (via satelit). Bidang ini terkait erat dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan area lokal nirkabel (LAN nirkabel / WLAN), dan Wi-Fi.
Ada 3 range frekuensi transmisi wireless :
  1. Frekuensi microwave dg range 2 – 40 GHz, cocok untuk transmisi point-to-point. Microwave juga digunakan pada komunikasi satelit
  2. Frekuensi dalam range 30 Mhz – 1 GHz, cocok untuk aplikasi omnidirectional. Range ini ditunjukan untuk range broadcast radio
  3. Range frekuensi lain yaitu antara 300 – 200000 GHz, untuk aplikasi lokal, adalah spektrum infra merah. Infra merah sangat berguna untuk aplikasi point-to-point dan multipoint dalam area terbatas, seperti sebuah ruangan

Manfaat dan Keunggulan Penggunaan Jaringan Nirkabel

1) Karena tanpa kabel, tentunya ada beberapa keunggulan yang bisa kita dapatkan jika menggunakan jaringan jenis nirkabel ini, di antaranya: 
2) Praktis: Untuk menggunakan nirkabel, kita hanya perlu menyediakan sebuah alat pemancar, dan pastikan juga komputer penerima punya receiver-nya. 
3) Akses dari Mana Saja: Setiap perangkat bisa tersambung ke dalam jaringan nirkabel, asalkan sinyalnya masih bisa diperoleh. 
4) Mendukung Banyak Perangkat: Bukan hanya komputer saja, hampir semua smartphone saat ini sudah mendukung fitur jaringan nirkabel, seperti WiFi. 
5) Jaringan Mudah Diperluas: Melakukan instalasi jaringan di tempat luas seperti gedung bukan masalah lagi. Karena terdapat perangkat tertentu yang bisa memperluas jangkauan sinyal jaringan. 
6) Produktivitas Meningkat: Bayangkan, sebuah perusahaan dengan semua komputer yang terhubung ke dalam satu jaringan. Tentu akan meningkatkan produktivitas, jika bicara soal manfaatnya dalam hal berbagi data. 
7) Keamanan: Saat ini, jaringan nirkabel sudah didukung juga oleh provider dengan segudang fitur keamanan yang ada, sehingga keamanan data menjadi lebih terjaga.

Kelebihan Jaringan Nirkabel
   a) Proses pengembangan diklasifikasikan sebagai lebih cepat dari jaringan kabel. 
   b) Lebih mudah berkembang. 
   c) Lebih mudah untuk memperbaiki atau pindah dari jaringan kabel. 
   d) Tidak memerlukan kabel yang harganya mahal. 
   e) Biaya perawatan relatif lebih murah. 
   f) Mampu menjangkau daerah-daerah di mana medannya sulit. 
   g) Tidak memerlukan area yang luas untuk infrastruktur. 
   h) Kecepatan transfer data lebih stabil.

Kekurangan Jaringan Nirkabel
   a) Untuk pengembangan yang lebih mahal. 
   b) Keamanan data lebih lemah. 
   c) Sinyal bisa terganggu oleh cuaca. 
   d) Komponen yang cenderung lebih mahal. 
   e) Ada banyak hal yang dapat mengganggu sinyal seperti bangunan, pohon dll.

Jenis-Jenis jaringan Nirkabel
1.      Wireless Personal Area Network (WPAN)
WPAN adalah jaringan nirkabel yang hanya dapat digunakan atau dapat dijangkau melalui area yang terdekat saja, contohnya seperti Infrared (Infra Merah) dan Bluetooth

2.      Wireless Local Area Network (WLAN)
WLAN adalah sebuah teknologi jaringan nirkabel yang termasuk dalam cakupan satu area yang bersifat lokal, seperti di dalam satu bangunan atau gedung.

3.      Wireless Metropolitan Area Network (WMAN)
WMAN (Wireless Metropolitan Area Network) memungkinkan para pemakai membangun koneksi nirkabel diantara sejumlah lokasi dalam suatu daerah metropolitan (misalnya di antara sejumlah gedung perkantoran yang berada dalam satu kota atau pada kampus universitas). Keunggulan teknologi WMAN adalah pengguna tidak perlu mengeluarkan anggara untuk pengabelan

4.      Wireless Wide Area Network (WWAN)
WWAN adalah salah satu contoh sekaligus jenis jaringan nirkabel yang dapat dijangkau untuk area yang luas, seperti kota maupun negara. Biasanya penggunaan WWAN atau Wireless Wide Area Network ini dilakukan dengan menggunakan beberapa antenna maupun satelit.
Komponen Pada WLAN
Untuk bisa mengembangkan sebuah mode WLAN, setidaknya diperlukan empat komponen utama yang harus disediakan, yaitu :

1.      Access Point
Access Point akan menjadi sentral komunikasi antara PC ke ISP, atau dari kantor cabang ke kantor pusat jika jaringan yang dikempangkan milik sebuah korporasi pribadi. Access Point ini berfungsi sebagai konverter sinyal radio yang dikirimkan menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui perangkat WLAN lainnya untuk kemudian akan dikonversikan kembali menjadi sinyal radio oleh receiver.
2.      Wireless LAN Interface
Alat ini biasanya merupakan alat tambahan yang dipasangkan pada PC atau Laptop. Namun pada beberapa produk laptop tertentu, interface ini biasanya sudah dipasangkan pada saat pembeliannya. Namun interface ini pula bisa diperjual belikan secara bebas dipasaran dengan harga yang beragam. Disebut juga sebagai Wireless LAN Adaptor USB.
3.      Wireless Router
Merupakan suatu perangkat jaringan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama ataupun network yang berbeda menggunakan jaringan tanpa kabel (wireless).
4.      Antena Grid / Antena Eksternal
Merupakan salah satu antena wifi yg paling populer. Perangkat keluaran TPLINK ini berfungsi untuk memperkuat dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan koneksi point to point, multi point, atu sebagai client dai RT/RW NET.
Management User’s Authentication
Konsep
    a) Membatasi akses internet menggunakan username dan password setiap kali ingin mengakses internet 
   b) Jika username dan password yang dimasukkan benar, maka client tersebut bisa mengakses internet 
   c) Jika username dan password yang dimasukkan salah, maka client tersebut tidak bisa mengakses internet

Management Waktu Akses Internet
   a) Akses internet hanya bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu 
   b) Waktu akses internet berdasarkan hari-hari dan jam-jam tertentu 
   c) Keuntungan: mengoptimalkan penggunaan bandwidth

Management Bandwidth
    a) Bandwith adalah kecepatan transmisi dalam sistem komunikasi data, dihitung dalam satuan bit / detik (bps - bit per second) 
    b) Management bandwidth pada proxy dapat dilakukan pada penggunaan bandwidth pada network atau masing-masing client 
    c) Management bandwidth yang baik akan mengoptimalkan client untuk akses ke jaringan internet

Keunggulan WLAN
   a) Mudah Installasi / Pemasangan 
   b) Mobilitas (Mudah berpindah tempat) 
   c) Mudah jika kita ingin Menambah Komputer yang mau di hubungkan 
   d) Tidak di susahkan dengan lokasi pemasangan 
   e) Mudah dalam mencari kesalahan (Troubleshooting) 
   f) Mengatasi Kendala Jarak pada Kabel

Kelemahan WLAN
   a) Keamanan / Security yang rawan 
   b) Sangat Dipengaruhi oleh frekwensi radio di sekitarnya 
   c) Dibatasi oleh benda atau materi yang menghambat (Line of Sight (LOS))

Comments