PENGERTIAN, TUJUAN, DAN MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

A.    Pengertian jaringan komputer
Jaringan komputer adalah sekelompok atau sekumpulan komputer yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi atau data.
B.     Tujuan jaringan
Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim menuju kesisi penerima melalui media komunikasi.
Ada beberapa hal yang masih dirasa menjadi kendala, yaitu :
1.  Masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan bagaimana memanfaatkan jaringan komunikasi yang ada secara efektif dan efisien.
2.    Jalur transmisi yang digunakan tidak benar-benar bebas dari masalah gangguan.
Secara sederhana jaringan komputer mempunyai gambaran seperti berikut. Dua buah komputer atau lebih yang masing-masing mempunyai kartu jaringan (NIC= Network Interface Card), kemudian dihubungkan dengan menggunakan kabel atau nirkabel sebagai media transmisi data.
Dengan adanya jaringan komputer ini banyak keuntungan yang akan kita dapatkan, contohnya pertukaran data antara komputer satu dengan komputer lainnya dengan melalui sebuah jaringan.
C.    Manfaat jaringan komputer
Manfaat dalam pembangunan sebuah jaringan komputer antara lain, yaitu :
1.    Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakaian.
2.    Media komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk pertemuan antara dua orang atau lebih maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting yang dilakukan melalui  suatu jaringan.
3.    Integrasi data
Proses untuk menggabungkan atau menyatukan dua atau lebih data dari berbagai komputer yang berbeda ke dalam sebuah penyimpanan, agar dapat memudahkan pengguna untuk memperoleh suatu informasi dan menggolah informasi tersebut
4.    Pengembangan dan pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat digunakan dengan mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal, karena setiap 1 komponen seperti printer dapat digunakan untuk lebih dari satu komputer secara bersama-sama. Jaringan komputer juga memudahkan pengguna untuk melakukan pemeliharaan terhadap perangkat yang dimilikinya, seperti harddisk yang dapat kita berikan perlindungan terhadap serangan virus maka pengguna cukup memusatkan perhatian ke harddisk dengan meng update atau memasang antivirus pada komputer.
5.    Keamanan data
Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan pada data dengan cara pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pengguna, serta perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
6.    Sumber daya lebih efisien dan informasi terkini
                Dengan penggunaan sumber daya yang sesuai, akan mendapatkan hasil yang maksimal
                dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu  terbaru dan 
                perubahan tersebut dapat langsung diketahui oleh setiap pengguna.

Comments