SSH

Pengertian SSH (Secure Shell)
    SSH merupakan sebuah protokol jaringan yg memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman. Dalam konsepnya penggunaan SSH ini harus di dukung oleh server maupun perangkat atau komputer klien yg melakukan pertukaran data.
    Seperti yang Anda ketahui, SSH sendiri adalah aplikasi yang digunakan untuk kebutuhan dan keamanan jaringan. Ada banyak hal yang dapat menyerang jaringan Anda, mulai dari peretas, pencurian data, phishing, pencurian identitas, dan banyak lagi.
    Banyaknya masalah keamanan jaringan memang menjadi hal serius untuk dihadapi, terutama untuk jaringan yang menghubungkan pertukaran data yg krusial. Sebagai contoh perbankan, pemerintah, dan instansi swasta yang membutuhkan perlindungan data terhadap konsumen dan bisnisnya, bahkan antivirus terbaik pun tidak dapat memberikan perlindungan secara sempurna.

Fungsi SSH 
 1) Menggantikan Telnet, Rlogin, FTP, dan SSH sebagai pengganti login untuk menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan.
2) Digunakan sebagai network admin untuk kontrol web dan menggantikan kerja WAN.
3) Untuk internetan gratis.
4) Memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.
5) Menghindari banyaknya tindak kejahatan melalui internet/cyber crime.
6) Memastikan pengirim dan penerima adalah orang yang tepat. 
7) Melakukan enkripsi terhadap data yg dikirim 
8) Protokol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan 
9) Otentifikasi, mekanisme untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman 
10) Kerahasiaan, memastikan kerahasiaan data yg dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim
 
Kelebihan dan Kekurangan SSH
1. Kelebihan
    Manipulasi data
    Proses aplikasi dalam pro dan kontra dari SSH ini, pro dan kontra dari SSH yang akan Anda dapatkan adalah proses memanipulasi data yang dikandungnya. Dari sini, di sepanjang rute jaringan, banyak peretas akan siap untuk memodifikasi data atau perantara yang ditemukan di sana. Ini biasanya terjadi jika router memiliki dua jalur. Dari sana, data akan memasuki gateway atau pos pemeriksaan yang akan diangkut ke tujuan. Dalam penerapannya, perlindungan terhadap indikasi tindakan ini sangat penting dilakukan. 
 
    Spoofing DNS
   Pada langkah selanjutnya, yang juga harus dipahami dalam hal ini adalah aplikasi DNS Spoofing itu sendiri. Di sinilah Anda akan dapat memperoleh semua aplikasi yang diperlukan secara signifikan. Dalam hal ini, DNS Spoofing juga dapat dengan mudah mengancam jaringan Anda. Oleh karena itu, kita memerlukan aplikasi yang tepat untuk dapat melindungi server yang Anda miliki dari masalah itu sendiri. Di sinilah semua yang bisa Anda dapatkan dengan proses dan aplikasi yang tepat. 

    IP spoofing
    Pro dan kontra SSH juga dapat dilihat dari cara melindungi terhadap masalah spoofing IP ini. Ini tentu saja merupakan tindakan menyembunyikan alamat IP menggunakan paket IP palsu. Tujuannya tidak lain adalah meniru koneksi lain yang ditemukan di sana. Pada tahap lain, ini tentu saja akan menimbulkan masalah yang signifikan. Jadi dia benar-benar harus menerapkan langkah-langkah yang tepat untuk mengantisipasi hal yang satu ini.

2. Kekurangan
   a. Pertama-tama, apa yang dapat Anda lihat dari celah itu sendiri adalah dalam hal konfigurasi yang ada di dalamnya. Tentunya Anda harus dapat melakukan semuanya dengan aplikasi yang tepat.
  b. Kedua, Anda juga akan melihat bahwa masih banyak cara bagi peretas yang memiliki kemampuan kuat untuk menyusup dan memanipulasi jari-jari Anda. Jadi terkadang Anda tidak sepenuhnya kebal terhadap hal yang satu ini.
  c. Ketiga, Anda juga harus memahami bahwa SSH itu sendiri adalah fitur yang membutuhkan pembaruan, pemindaian, dan pengaturan secara teratur. Jadi Anda sendiri juga harus rutin untuk terus menganalisanya.

Pengertian IP Publik
    IP Publik Yaitu IP address yg digunakan untuk lingkup internet, host yg menggunakan IP public dapat diakses oleh seluruh user yg tergabung diinternet baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui proxy/NAT).
    IP Addressing juga dikelompokkan berdasarkan negara, Indonesia umumnya dimulai dg 202 & 203. IP publik inilah yg biasanya saat ini menggunakan IPV4 dan ditakutkan akan habis dalam waktu dekat.Lembaga yg mengatur / menyediakan IP Public adalah IANA, singkatan dari Internet Authorized Numbering Association.
    Sebuah alamat IP publik dapat berupa statis atau dinamis. Sebuah alamat IP public static tidak dapat berubah dan digunakan terutama untuk hosting halaman Web atau layanan di Internet. Sebuah alamat IP publik dapat berupa statis atau dinamis. Sebuah alamat IP public static tidak dapat berubah dan digunakan terutama untuk hosting halaman Web atau layanan di Internet

Comments